antifacebook.net

Personal blog yang menyajikan berbagai macam informasi unik dan menarik.

5 Rekomendasi Olahraga untuk Anak Usia 6-10 Tahun

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bisa memberikan manfaat kesehatan fisik sekaligus psikis bagi semua orang. Tidak hanya orang dewasa yang suka olahraga, anak-anak dan lansia harus punya jadwal olahraga yang tak kalah rutin. Manfaat olahraga bagi anak-anak bisa menjadi kegiatan yang mengembangkan passion di bidang latihan fisik ini.

Jenis olahraga untuk anak yang baik

Buat Anda yang punya anak berusia sekitar 6-10 tahun, maka bisa merekomendasikan kegiatan olahraga yang berada di kelas sedang dibandingkan jenis olahraga untuk balita. Berikut 5 rekomendasi olahraga yang bisa memberikan manfaat untuk perkembangan si kecil yaitu :

1.  Lari

Merupakan jenis olahraga yang bisa Anda pilih bersama anak-anak minimal 1-3 kali seminggu. Kalau bisa melakukan olahraga lari setiap hari, Anda bisa memberikan manfaat olahraga bagi anak-anak lebih baik. Lari bisa membuat anak lebih aktif, memiliki kesehatan organ, menjaga berat badan ideal, dan lain-lain.

2.  Sepak bola

Dewasa ini, sepak bola bisa dimainkan oleh anak laki-laki atau anak perempuan sesuai dengan kesenangan. Tidak ada batasan gender terkait peminatan pada olahraga tertentu, tetapi anak laki-laki memang memiliki minat lebih tinggi pada sepak bola. Anda bisa memberikan fasilitas yang mendukung agar anak laki-laki usia 6-10 tahun bisa melakukan aktivitas fisik di lapangan lebih leluasa.

3.  Gimnastik

Orangtua juga bisa merekomendasikan jenis olahraga senam artistik atau gimnastik yang bermanfaat dalam mengembangkan motorik, melatih keseimbangan, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, serta deretan manfaat olahraga bagi anak-anak yang lain. Gimnastik juga tergolong jenis olahraga yang fleksibel alias bisa dilakukan oleh semua orang tanpa memperhatikan jenis kelamin.

4.  Renang

Anak bisa belajar renang pada ahli agar bisa memiliki keterampilan lebih spesifik. Renang juga bisa memberikan manfaat keseimbangan tubuh, terjaganya organ dalam tubuh, meningkatkan suasana hati lebih rileks, menjaga tubuh tetap ideal, dan lain-lain.

5.  Belajar bela diri

Anak Anda ingin belajar teknik bela diri yang baik sejak kecil, kenapa tidak? Anda bisa memasukkan anak di klub judo, taekwondo, silat, dan lain-lain yang sesuai minat anak. Biarkan si kecil belajar membela diri dari risiko kejahatan atau kriminalitas yang acap terjadi.

Selain itu, bela diri merupakan jenis olahraga yang bisa memberikan latihan fisik yang prima. Anak akan berkembang menjadi pribadi yang berani, tidak pernah menyerah, disiplin, dan lain-lain.

Beberapa rekomendasi olahraga yang cocok dilakukan anak usia 6-10 tahun bisa Anda pertimbangkan lebih lanjut. Anda bisa meluangkan waktu 1-2 kali seminggu untuk latihan dan olahraga bersama buah hati tercinta. Tidak hanya bisa mendapatkan manfaat olahraga bagi anak-anak dari segi kesehatan fisik saja, Anda yang suka latihan bersama anak akan memiliki ikatan batin yang kuat. Bonding time orangtua dan anak yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hubungan yang baik, sah-sah saja ya!