antifacebook.net

Personal blog yang menyajikan berbagai macam informasi unik dan menarik.

Tanpa Marah, Ini 7 Cara Mengatasi Anak Malas Belajar di Rumah

“Kenapa kamu malas belajar,” tanya seorang guru kepada siswanya. Lalu siswa menjawab “Mama pemarah,”. Tahukah Ibu, bahwa ternyata marahnya orang tua saat mengajarkan anak, bisa berdampak besar pada tumbuh kembangnya. Segera cari cara mengatasi anak malas belajar tanpa memarahinya, agar anak tumbuh jadi pintar tanpa rasa malas.

7 Cara Mengatasi Anak Malas Belajar

Sejumlah orang tua mengaku kalau marah adalah, cara paling efektif saat menemani anak belajar. Mereka menilai anak akan lebih cepat memahami pelajaran, padahal itu salah! Justru dengan marah, akan membuat anak jadi takut dan malas setiap kali harus belajar bersama orang tuanya. Adakah cara lain yang bisa dilakukan?

  • Penjelasan Manfaat Belajar

Berilah penjelasan kepada anak tentang manfaat dari belajar, mulai dari membuat si anak jadi pintar di sekolah dan bisa menjawab semua pertanyaan guru. Hingga manfaat jangka panjang, dimana dia akan memiliki masa depan lebih baik dan mencapai cita-cita dengan lebih mudah.

Ibu juga bisa menyelipkan cerita sukses orang-orang pintar di dunia atau di sekitarnya, untuk memudahkan si anak mengerti betapa pentingnya belajar.

  • Kenali Karakter Belajar Anak

Setiap anak memiliki kecenderungan cara belajar yang berbeda-beda, sebelum memulai sesi belajar di rumah akan sangat penting untuk mengetahuinya. Misalnya si sulung lebih suka mendengarkan penjelasan terlebih dahulu, baru masuk sesi tanya jawab dan mengisi soal.

Atau si bungsu yang lebih suka diberi waktu memahami sendiri, menjawab soal di buku latihan baru diskusi. Dengan mengetahui karakter, akan lebih mudah mengajarkan mereka banyak hal terutama yang berkaitan dengan pelajaran sekolah.

  • Beri Pujian Dan Hadiah

Jangan sungkan untuk memberikan pujian ketika anak mampu menjawab soal-soal latihan dari guru di sekolah. Hal itu akan menjadi semangat tersendiri bagi anak, untuk membuktikan bahwa dia memang pintar. Hindari mengeluhkan kesalahan anak, apalagi sampai menghukumnya.

  • Belajar Sambil Playing Game

Untuk anak usia balita hingga SD, belajar sambil bermain akan sangat menyenangkan bahkan meningkatkan imajinasi dan pemahaman anak. Misalnya, belajar berhitung sambil bermain kelereng sehingga anak bisa menghitung kelereng dan hasrat bermainnya juga bisa tersalurkan.

  • Jangan Biarkan Belajar Sendiri

Dampingi anak saat belajar di rumah, jangan biarkan dia belajar sendiri. Ini merupakan salah satu support penting bagi anak, walaupun hanya duduk di sampingnya sambil tersenyum dan mengusap kepalanya.

  • Belajar Sebelum Tidur

Kalau memungkinkan, buatlah jadwal belajar di malam hari sebelum anak tidur. Cara ini akan mudah membuat anak paham pelajaran.

Jadi, mulai sekarang buang jauh-jauh emosi saat sesi belajar bersama si kecil. Terapkan saja cara mengatasi anak malas belajar tanpa marah, lalu lihatlah perubahan yang terjadi pada buah hati Ibu. Mereka akan lebih nyaman selama proses belajar, secara bertahap nilai pelajaran juga akan lebih stabil bahkan meningkat.